Tips Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar

Tips Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar serta tata cara pemupukan menjadi alasan para petani untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal, dari dulu hingga sekarang banyak sekali metode yang di gunakan oleh petani dalam dalam memupuk tapi kenapa hasil produksinya masih kurang maksimal, bahkan terkadang dari segi kwalitas produksi sangatlah tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan secara nasional. Lalu apa yang menjadi kendala para petani. Kendala yang terjadi di lapangan adalah kurangnya pengetahuan petani, terlebih lagi para petani kolot atau petani jadul alias jaman dulu, masih terpaku dengan cara lama.


Cara Pemupukan Kelapa Sawit Yang Baik Dan Benar

Pupuk organik dan pupuk non-organik

Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar terhadap pupuk organik dan non orgaik juga memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pertanian yang ada si indonesia. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan, kotoran cacing, kompos, rumput laut, guano, dan bubuk tulang, pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan alami manfaat pupuk organik terhadap kesuburan tanah, diantaranya meningkatkan keanekaragaman hayati tanah dalam jangka panjang, menyediakan nutrisi mikro bagi tanah. Pupuk anorganik atau pupuk buatan merupakan pupuk yang mengandung senyawa kimia yang terdiri dari pupuk tunggal (N, P, K). 


Baca Juga : Herbisida Terbaik Untuk Mengendalikan Gulma Pada Tanaman Padi

Manfaat Pupuk Bagi Tanah
Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar pada tanaman, yang di berikan pada tanah akan memberikan tambahan nutrisi dan makanan bagi tanaman. Tanah yang diberi pupuk dan tidak diberi pupuk memiliki perbedaan yang sangat nyata, baik itu jenis pupuk organik, anorganik, pupuk buatan, atau jenis pupuk cair. Pemakain pupuk juga harus memperhatikan jenis pupuk, tehnik pemupukan, dan cara pemupukan dengan begitu banyak variasi pmupukan.


Jenis Dan Sifat Pupuk

Tips Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar juga berpengaruh terhadap jenis dan sifat-sifat pupuk, Pupuk jenis non-organik terdiri dari berbagai macam jenis, yaitu :

  • Unsur N (Nitrogen) Berasal dari Urea 46%, mudah menguap, tanaman menyerap dalam bentuk NO3 - dan NH4+ .
  • Unsur P (Phosphate) kandungan batuan sekitar 30% P205, proses mobilitasnya sedang, unsur hara yang diserap dalam bentuk ion H2PO4- dan HPO4-.
  • Unsur K ( Kalium / Potassium ) memiliki sekitar 60% K2O, sebagai unsur hara makro bentuk ion yang di serap yaitu K+, cara aplikasi dengan di tabur sesuai dengan rekomendasi.
  • Unsur Mg (Magnesium) mengandung 27 Mgo, diserap dalam bentuk Mg2+. jika tanah kekurangan unsur Mg dapat di tambahkan dengan dolomite.
  • Unsur B (Boron) meskipun hanya di butuhkan sedikit, akan tetapi unsur Boron sangatlah penting.
Tata Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar


Cara Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan keuntungan yang banyak, maka kita harus tau dengan cara pemupukannya, tidak sembarang dalam memupuk. Agar waktunya tepat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Secara umum cara pemupukan dapat di bagi kedalam 2 cara, yaitu :

  • Memupuk dengan cara pemberian melalui akar
Pemupukan dengan cara ini dilakukan melalui akar tanaman yang di berikan pada permukaan tanah, pupuk diberikan dengan cara menabur pada bagian tanah yang telah dibuat parit kecil dan melingkari tanaman, atau dengan cara di tugal dengan kedalaman 4 cm
  • Memupuk dengan cara pemberian melalui daun
memupuk dengan cara ini dilakukan dengan melarutkan pupuk pada tangki sprayer dan di semprotkan pada permukaaan daun.

Demikian Tips Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar Semoga memberikan manfaat bagi kalian yang membaca.

0 Response to "Tips Cara Pemupukan Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment