Insektisida Terbaik Mengendalikan Hama Tanaman Padi

Insektisida Terbaik Untuk Mengendalikan Hama Pada Tanaman Padi. Insektisida ialah bahan kimia atau senyawa organik yang di gunakan untuk mengendalikan serangga pengganggu tanaman pertanian, penggunaan insektisida terhadap serangga akan mempengaruhi terhadap pertumbuhan, perkembangan, tingkah laku, dan aktivitas biologis serangga yang berujung pada kematian. 

Pertisida atau racun pembasmi adalah bahan yang di gunakan untuk membasmi, menolak, atau mengendalikan organisme pengganggu, sasarannya meliputi serangga, tikus, gulma atau mikroba yang dianggap sebagai pengganggu tanaman budidaya. Pertisida dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pertisida kimia dan pestisida alami. Penggunaan pertisida disarankan sesuai dengan rekomendasi yang telah di tetapkan, karna nenjadi batas aman dalam penggunaan. Penggunaan pestisida yang melebihi batas aman pengunaan akan berakibat buruk terhadap kelangsungan hidup ekosisten alam, membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Penyemprotan Hama Tanaman Padi

Tanaman padi memberikan sumbangan terbesar dalam dunia pertanian, padi menjadi makanan pokok bagi manusia. Keberhasilan dalam budidaya pertanian di pengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah serangan hama yang sewaktu-waktu bisa meledak populasinya.

Manfaat Dan Jenis Insektisida Pertanian

Insektisida Terbaik yang digunakan untuk mengendalikan hama memiliki banyak sekali manfaat bagi tanaman pertanian diantaranya ialah :
  • Merupakan racun sistemik, kontak , dan lambung.
  • Tidak mudah tercuci  oleh air hujan
  • Aman terhadap musuh alami
  • Memberi kemudahan pada perani  dalam mengendalikan hama
  • Menekan biaya, waktu dan tenaga dalam perawatan

Insektisida Spontan 400SL 

Contoh Insektisida Sistemik Terbaik


Spontan adalah insektisida terbaik berjenis racun kontak dan lambung, dicirikan dengan bentuk pekatan dan dapat di emulsikan berwarna kuning jernih. Beberapa hama yang dapat dikendalikan adalah hama penggerek batang (Tryporyza incertulas), wereng coklat (Nilaparvata lugens), hama putih (Nymphula depunctalis), lalat daun (Hydrellia philipina), hama putih palsu (Cnaphalocrosis medinalis) pada tanaman padi.

Insektisida Starban 585 EC

Insektisida terbaik untuk mengendalikan hama tanaman padi berikutnya adalah starban, termasuk golongan racun kontak dan lambung berbentuk pekatan warna kekuningan, mengendalikan hama kutu kebul pada sayuran atau hortikultura, hama Penggerek polong dan hama kutu daun pada kacang panjang, kutu daun Myzus persicae dan hama trips menyerang pada bagian daun dan buah mentimun muda, hama kutu kebul dan wereng hijau pada tomat juga terung, penggerek batang pada tanaman jagung (Ostrinia nubilalis), kedelai, kakao, bawang merah dan padi (penggerek batang padi, hama putih palsu, dan wereng batang coklat). Starban 585 EC berbahan aktif piretroid sintetik . Bahan aktifnya adalah kombinasi dari  klorpirifos (chlorpyrifos) : 530 g/l dan sipermetrin (cypermethrin) : 55 g/l.

Insektisida Decis 25 EC 

Daftar Insektida Sistemik

Insektisida terbaik dari perusahaan Bayer ini sudah tidak di ragukan lagi. Berbahan Aktif Deltametrin ini merupakan racun kontak dan lambung berbentuk pekatan, dengan ciri warna kuning jernih untuk mengendalikan hama ulat grayak ( Spodoptera litura ). hama thrips sp pada tanaman sayur dan hortikultura, kutu daun pada cabai, hama lalat buah (oyong, pare, melon, jeruk), dan belalang locusta. Insektisida Decis juga dapat digunakan untuk mengendalikan serangga dan hama pengganggu pada tanaman anggrek, apel, bawang merah, bawang putih, cabai, jagung, jeruk, jarak pagar, kacang panjang, kacang hijau, kopi, lada, kentang, ketimun dan tanaman holtikultura lainnya.

Insektisida Topida 25 WP Basmi Wereng Penggerek Ulat Grayak

Berbahan aktif Imidakloprid, merupakan merek dagang terbaru yang dapat mengendalikan hama pada beberapa tanaman padi.

Obat Sundep Dan Penggerek Batang Padi Paling Ampuh

Insektisida Dari Pt. Bayer
Belt Expert 480 Sc, racun kontak dan lambung berwarna putih kekuningan dengan bentuk pekatan yang dapat disuspensikan, merupakan insektisida ampun untuk kendalikan sundep dan beluk dengan konbinasi dua bahan aktif yaitu Flubendiamida 240 g/l dan Tiakloprid: 240 g/l. Keunggulan Belt Expert yang menjadi andalan para petani karena daya perlindungannya terhadap serangan sundep dan beluk. Harga Insektisida Belt Expert 480sc dapat dijangkau oleh para petani. 

Insektisida Pt. Basf
Insektisida Xemco 300 SC bahan aktif fipronil dan sulfoxsaflor, merupakan racun kontak, lambung, dan syaraf berwarna coklat muda, dan dapat disuspensikan untuk mengendalikan hama tanaman padi seperti penggerek batang (Scirpophagain certulas) dan Penggulung daun (Cnaphalocrosis medinalis). Keunggulan Insektisida ini ialah mempunyai daya jangkau yang cukup luas, tanaman lebih sehat, hijau dan subur dengan pertumbuhan yang seragam, harga insektisida Xemco 300sc sangatlah terjangkau.

Insektisida Pt. Dupont
Prevathon 50sc 250 ml, Prevathon 50sc 100 ml memiliki kandungan bahan aktif Klorantraniliprol 50 g/l. Hama yang dikendalikan selain pada tanaman padi diantaranya adalah ulat grayak, ulat daun yang sering merusak tanaman kubis, cabai, kacang panjang, kentang, dan bawang merah, harga prevathon untuk semua ukuran hasih bisa dijangkau oleh petani.

Insektisida Pt. Petrosida Gresik
Sidatan XR 525 sl kemasan 400 ml, dengan bahan aktif dimehipo 525 sl, selain mampu mengendalikan penggerek batang dan serangan burung. Untuk mengendalikan hama sundep dan penggerek batang cukup gulakan 2 tutup/tangki, dan jika digunakan untuk menghalau burung dapat digunakan 4 tutup/tangki.

Cara Menggunakan Insektisida 

Untuk mendapatkan  hasil pertanian yang maksimal dan terbaik, tidak hanya tergantung pada , benih yang di  gunakan, pengolahan lahan, pemupukan, dan pengairan. Akan tetapi insektisida terbaik  juga memiliki cara, waktu, bahan, takaran atau dosis penggunaan yang tepat . Berikut ini tata cara penggunaannya. 
  • Disemprotkan pada seluruh bagian tanaman, Meliputi batang, daun, dan buah, terutama pada bagian bawah permukaan yang menjadi tempat berlindung hama.
  • Penyemprotan dengan interval 1 minggu sekali atau menyesuaikan populasi serangan hama.
  • Dosis sesuai dengan rekomendasi yang telah di tetapkan.
  • Waktu terbaik adalah pada pagi atau pada sore hari.

Kesimpulan

Dalam Usaha budidaya pertanian, tidak akan terlepas dari yang mananya ancaman serangan hama. Mengenal jenis hama akan memudahkan kita dalam melakukan pengendalian dengan cara mengidentifikasi prilaku, pola serangan, dan musuh alami. Penggunaan pestisida haruslan menjadi pilihan terakhir dalam usaha budidaya pertanian, jika kita masih bisa mengendalikan hama dan serangga dengan cara musuh alami atau menggunakan insektisida organik adalah pilihan terbaik.

Hama adalah organisme yang merugikan petani karena menyebabkan kerusakan ekosistem pertanian dan juga menjadi vektor penyakit pada tanaman budidaya. Mengenal pola serangan, jenis serangga akan memberikan keuntungan kepada kita dalam mengendalikan populasinya.
Berikut ini hama pengganggu yang dapat kami rangkum dan bagikan.
  • Tikus, menyerang tanaman padi dari mulai masih menjadi bibit hingga tanaman memasuki masa pengisian bulir, dan menjadi kendala terbesar hingga sekarang.
  • Penggerak Batang atau sundep, erangan terjadi pada fase vegetatif ( merusak daun tengah atau pucuk tanaman sehingga tanaman akan mati karena titik tumbuh tanaman padi telah dimakan larva penggerek batang.
  • Keong Mas, serangan terjadi pada masa vegetatif padi bahkan terkadang serangan sudah dimulai dari masa pembibitan padi.
  • Wereng, terdapat banyak sekali beragam jenis, diantarnya wereng cokelat, wereng putih, dan wereng hijau. Pola serangan wereng dengan cara menghisap cairan yang ada pada batang tanaman padi dan dapat kemudian menularkan virus.
  • Walang Sangit, serangannya dimulai pada saat memasuki fase masak susu.
  • Burung, pola serangannya sama seperti pada walang sangit sampai padi panen. Serangan pada burung memberikan efek kehilangan hasil tanaman secara langsung.

0 Response to "Insektisida Terbaik Mengendalikan Hama Tanaman Padi"

Post a Comment