Pengendalian Hama Tikus Pada Tanaman Padi Dengan Musuh Alami

pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami

Klasifikasi Ilmiah Hewan Tikus
Kingdom       : Animalia
Filum            : Chordata
Kelas             : Mammalia
Ordo              : Rodentia
Superfamili   : Muroidea
Famili           : Muridae
Binatang tikus termasuk ordo Rodentia, famili Muridae dan sub-famili Murinae. Dari sub-famili ini ada dua genus yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia yakni genus Mus dan Rattus. Hama tikus merupakan salah satu gangguan atau masalah yang sangat besar di hadapi para petani padi, bahkan tanaman lainnya. Tikus adalah hama kedua terpenting pada tanaman padi di Indonesia. Hama ini harus diperhatikan khusus. Hama tikus akan mengakibatkan kegagalan panen dengan menyerang bagian batang tanaman padi, Karena kehilangan hasil produksi akibat serangan hama tikus sangat tinggi. Usaha untuk mengendalikan tikus ini sudah banyak dilakukan oleh para petani, mulai dari fisik, cara hayati,  sanitasi, kultur teknik, mekanik dan kimia. Tetapi diakui, bahwa dengan cara pengendalian itu bulum optimal, sehingga harapanuntuk menekan populasi tikus sangatlah sulit.

Perkembangan Biologis Dan Aktifitas Hama Tikus Sawah



Pada umumnya, tikus sawah (Rattus orgentiventer) tinggal di pesawahan dan sekitarnya, dan perkebangbiakan tikus sangatlah cepat. Jika secara teori, tikus berkembang biak menjadi 1.270 ekor per tahun dari satu pasang ekor tikus. Ini membuktikan betapa sangat pesatnya perkembangan dan populasi tikus dalam setahun. Adapun Perkembangan tikus banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, terutama ketersediaannya sumber makanan dan populasi tikus akan meninglat berkaitan dengan puncak pada masa generatif tanaman padi. Karna proses perkembangbiakan hama tikus, hampir sama dengan pertumbuhan tanaman padi.

Hewan tikus aktif  pada waktu malam hari mulai dari mencari makanan, minum dan mencari pasangan, untuk menghindari lingkungan yang tidak menguntungkan, hewan tikus biasanya membuat sarang pada daerah-daerah yang lembab, berdekatan dengan sumber air dan makanan seperti di rumah-rumah penduduk, batang kayu, sela-sela batu, tanggul.

1.  Ciri-Ciri Hama Tikus Sawah / Rattus Argentiventer


pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami


Tikus Rattus argentiventer atau tikus sawah, karena mereka memang hama yang sulit dikendalikan selain burung pemakan padi. Pada umumnya tikus sawah ini memakan batang pohon padi, bulir padi, jagung dan jenis tanaman palawija yang lainya. Selain itu jenis tikus sawah ini memang termasuk hewan mamalia yang cerdas, karena memiliki kemampuan belajar dari tindakan sebelumnya. Klasifikasi tikus sawah ini akan dijelaskan secara terpisah.
Selain kedua jenis tikus di atas ada juga tikus yang menjadi musuh manusia, hingga berbagai cara dilakukan untuk mengusirnya, dari menggunakan rempah rempah, racun hingga memelihara jangkrik untuk mengusir tikus ini.

2.  Ciri-Ciri Hama Tikus Rumah / Rattus rattus


pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami


Tikus Rumah memiliki nama ilmiah Rattus rattus, tikus jenis ini sangat umum dijumpai di rumah rumah, dengan ciri ciri ekornya panjang dan pandai memanjat serta melompat.
Tikus rumah ini termasuk ke dalam subsuku Murinae dan berasal dari Asia. Selain di rumah rumah, dikebun dan serta di sawah ada juga jenis tikus yang sangat umum dijumpai di kota kota, tikus ini umumnya dikenal dengan tikus got dengan nama ilmiahnya Rattus norvegicus. 

3.  Ada beberapa cara untuk mengendalikan  hama tikus sebagai berikut :
  • Melakukan penanaman padi dengan serempak dengan menggunakan bibit tahan terhadap hama.
  • Melakukan sanitasi habitat ( lingkungan ), biasanya dilakukan dengan cara membersihkan tanggul irigasi, jalan sawah, batas persawahan, pematangan, parit dan lainnya.
  • Pembasmian masal.
  • Memanfaatkan musuh alami, biasanya musuh alami dari tikus sawah adalah tipe pemangsa yaitu ular, burung hantu, burung elang, kucing, anjing dan lain sebagainya.
  • Pengomposan untuk membunuh tikus dewasa dan anak- anaknya di dalam sarang, dilakukan dengan cara menutup lubang dengan lumpur dan mendiamkan beberapa hari, agar tikus mati di dalamnya tanpa mengeluarkannya.
  • Pemberian racun tikus yang di campurkan beberapa makanan yang di sukai.

Musuh - Musuh Alami Hama Tikus

  • Ular
pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami

  • Burung Hantu

pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami

  • Burung Elang

pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami
  • Kucing

pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami

  • Anjing
    pengendalian hama tikus pada tanaman padi dengan dengan musuh alami

Kita sudahi dulu ya pembahasan tentang tikus untuk hari ini,Terima kasih telah menbaca artikel ini, kita jumpa lagi di lain waktu pada artikel yang baru dari blog Cah Tani, daaaa...


Baca Juga : Cara Mengendalikan Hama Wereng Pada Tanaman Padi Dengan Musuh Alami

5 Responses to "Pengendalian Hama Tikus Pada Tanaman Padi Dengan Musuh Alami"