VANILI SANG PRIMADONA YANG HARGANYA JUTAAN

VANILI SANG PRIMADONA YANG HARGANYA JUTAAN

Kingdom  Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Liliopsida
Ordo Orchidales
Famili Orchidaceae
Genus Vanilla
Spesies V. planifolia
Salah satu tanaman perkebunan tahunan yang sekarang menjadi primadona dikalangan para petani indonesia setelah lada adalah Vanili (vanilla planifolia), merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai jual yang sangat mahal. Harga 1 kg vanili bisa tembus hingga lebih dari Rp.1 juta rupiah. Tentunya dengan harga yang demikian Sangat menggiurkan para petani untuk melakukan budidaya tanaman vanili, karna harga yang melebihi dari logam mulia emas atau Vanili sepertinya bisa dibilang emas hijau.
Meskipun harga jualnya tinggi, namun tidak semua petani vanili dengan mudah bisa sukses dan berhasil. Banyak petani juga pembudidaya yang mengalami kegagalan dalam budidaya vanili, salah satu faktor penyebab kegagalan yang terjadi pada petani adalah karena kurangnya pengetahuan dalam penanaman dan juga kurang kesabaran petani. Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam budidaya vanili, agar hasil produksi tanaman vanili yang diperoleh petani dapat maksimal 
Berikut ini tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh para petani agar hasil produksi yang diperoleh dapat maksimal . Semoga uraian yang akan saya sampaikan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan dapat mengantarkan kita semua kepada kesuskesan juga keberhasilan dalam budidaya vanili. 

1. Persiapan Lahan
Vanili tumbuh pada daerah  antara 1000 LU dan 2000 LS dan pada ketinggian 400-700 diatas permukaan laut (dpl), vanili menghendaki tanah yang mengandung humus (mulch), mudah menyerap air (porous) dan gembur sehingga mudah ditembus akar-akar tanaman, karna akar-akar tanaman vanili tumbuh relatif dangkal dengan keadaan pH 6-7. Tanaman vanili memerlukan unsur Ca (calsium) yang jumlahnya relatif banyak. 

2. Persiapan Penanaman Tanaman Vanili
Lahan dibersihkan dari sisa-sisa kayu/tonggak pohon, dibajak sampai gembur dan rumput yang ada dibersihkan. Penanaman pohon pelindung/pohon panjat sebaiknya dilakukan 1tahun sebelum penanaman, jenis tanaman yang baik dipakai sebagai pohon pelindung dan sekaligus sebagai pohon panjat adalah tanaman seperti :
  • Dadap (Erythrina variegata), lamtoro (Leucaena glauca), jarak pagar (Jathropa curcas), randu, gamal (Glericidia).
  • Jarak tanam pohon pelindung/panjat yang di anjurkan adalah 1x2 meter, 1x1,5 meter, atau 1x7,5 meter, tergantung pada kesuburan tanah, baris tanaman sebaiknya menghadap ketimur agar mendapatkan sinar matahari secara merata.
  • Bibit vanili diperoleh dari setek batang, dilakukan pada musim penghujan yaitu sebelum intensitas hujan semakin tinggi karena bibit vanili akan mati dan mengalami kebusukan. Tanaman vanili yang sudah pernah berbuah tidak baik dipakai untuk bibit karena daya tumbuhnya kurang.
  • Sebelum bibit ditanam, terlebih dahulu buatlah lubang tanaman sedalam 10 cm. Bibit yang pangkalnya lurus sebaiknya ditanam dengan cara lurus dan yang melengkung sebaiknya ditanam melengkung bertujuan untuk menghindari luka yang mengakibatkan pembusukan. Pada waktu penanaman bibit vanili akar lekat dari tiap-tiap buku jangan sampai terbalik, dan harus menghadap pohon panjat agar akar-akar tersebut meleka pada pohon panjat.

3. perawatan dan pemeliharaan tanaman vanili
  • Pengikatan dilakukan ketika tanaman vanili mulai tumbuh tunas dan berakar, biasanya selang terlihat 2-3 minggu setelah tanam dan seterusnya.
  • Pemangkasan pohon pelindung bertujuan untuk memberikan penyinaran yang maksimal dan memperlancar sirkulasi udara.
  • Pemangkasan tanaman vanili bertujuan untuk mengatur pertumbuhan vegetatif menuju kearah pertumbuhan generatif/produktif.

Ada tiga tipe pemangkasan yang penting dan tujuan yang berbeda :
  • Pemangkasan bentuk bertujuan untuk membentuk kerangka tanaman yang kuat dan seimbang.
  • Pemangkasan produksi bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan kerangka tanaman yang sudah diproleh melalui pemangkasan bentuk.
  • Pemangkasan rejuvenasi bertujuan untuk mempermudah meremajakan cabang, batang yang telah tua.

4. Penyerbukan Bunga Pohon Vanili

VANILI SANG PRIMADONA YANG HARGANYA JUTAAN



VANILI SANG PRIMADONA YANG HARGANYA JUTAAN

Tanaman vanili berbeda dengan kebanyakan tanaman yang mampu melakukan penyerbukan alami pada bunganya. tanaman vanili adalah tipe tanaman yang tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri, sehingga perlu dilakukan penyerbukan secara manual. Untuk membatu bunga vanili melakukan penyerbukan, maka gunakan alat seperti lidi atau batang apapun yang kecil ( kurang lebih 10 – 15cm ) lalu carilah rostellum yang biasanya menghalangi putik dan kepala sari, jika sudah ketemu sekarang saatnya anda menggunakan alat yang telah anda miliki tadi untuk menyatukan putik dan kepala sari vanili. 

5. Panen Vanili

VANILI SANG PRIMADONA YANG HARGANYA JUTAAN

Vanili bisa panen dengan masa tanam 8 – 9 bulanan. Tanda – tanda vanili siap dipanen adalah memiliki warna kehijauan yang gelap dan bergaris – garis kuning. Saat panen, ambilan vanili yang sudah tua dan biarkan yang muda. Karena vanili yang tua lah yang memiliki kualitas bagus. Vanili muda biarkan menua dahulu untuk selanjutnya dipanen berikutnya.

0 Response to "VANILI SANG PRIMADONA YANG HARGANYA JUTAAN"

Post a Comment